photo IKLAN_zps0bd7cdbd.png

Jumat, 17 Mei 2013

Taman Wisata Mekarsari (TWM)


Taman Wisata Mekarsari (TWM) merupakan salah satu pusat pelestarian keaneka ragaman hayati (plasma nutfah) buah-buahan tropika terbesar di dunia, khususnya jenis buah-buahan unggul yang dikumpulkan dari seluruh daerah di Indonesia. Selain kegiatan pelestarian, dilakukan juga penelitian budidaya (agronomi), pemuliaan (breeding), dan perbanyakan bibit unggul untuk kemudian disebarluaskan kepada petani dan masyarakat umum.
Taman wisata mekar sari di sah kan pada tanggal 14 Oktober 1995 yang bertepatan dengan hari Pangan sedunia oleh Alm. Ibu Tien Soeharto.
Taman Buah Mekarsari di Jonggol Km.3 Cileungsi dibangun atas prakarsa Alm. Ibu Tien Soeharto yang dilandasi keinginan luhur: (1) Meningkatkan harkat dan martabat kaum tani melalui pembangunan industri yang kuat dengan dukungan pertanian yang tangguh; dan (2) Menggangkat derajat buah-buahan Indonesia baik di dalam negeri maupun di mata dunia.

Indonesia merupakan salah satu pusat keanekaragaman hayati tropika terbesar di dunia, dan memiliki berbagai jenis buah-buahan yang khas dari segi citarasa, bentuk dan warna. Namun potensi itu belum sepenuhnya dimanfaatkan, baikuntuk peningkatan kesejahteraan maupun pendapatan petani dan juga peningkatan gizi keluarga.

Menjelang era globalisasi produk buah-buahan lokal harus mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri, bahkan bila memungkinkan ikut bersaing dalam pasaran dunia. Karena itu kehadiran Taman Buah Mekarsari sebagai salah satu Kebun Koleksi Plasma Nutfah Buah-buahan Tropis terbesar di dunia, menandai awal dari era kebangkitan buah-buahan Indonesia menuju masa keemasannya.
Taman seluas 264 hektar ini juga dilengkapi dengan sarana wisata untuk wisatawan nusantara maupun mancanegara. Tetapi hanya 88 hektar yang ditanami buah-buahan. Selainya di gunakan untuk jalanan dan berbagai fasilitas lainnya. Wisata di tengah taman buah didukung oleh berbagai wahana yang mendekatkan pengunjung kepada alam, seperti : Wisata Kanal, Kids Fun Valley, Country Side, Wahana Melon, Wahana Salak, Konservasi Rusa Tutul, Wahana Air, Outbound, dan masih banyak lagi yang lainnya
Sejak 2004 pengelola PT Mekar Unggul Sari mengemas lebih khusus taman ini menjadi taman wisata dan hiburan yang bermuatan agrowisata. Oleh karena itu, fasilitas yang dibangun belakangan ini berupaya untuk mendukung konsep tersebut. Perubahan konsep ini—dari sekadar taman buah menjadi taman wisata—cukup jitu, mengingat bagaimanapun orang kota makin rindu kehadiran taman kota yang nyaman yang sulit terwujud di Jakarta.
Dengan luas areal 264 hektar, TWM memiliki koleksi lebih kurang 44 famili, 362 spesies, dan 1.463 varietas tanaman dari berbagai daerah di Indonesia.
Mekarsari sejauh ini memiliki 99 varietas tanaman langka yang sebagian namanya sudah kita kenal sebagai nama kawasan di Jakarta dan sekitarnya, misalnya menteng. Selain pohon menteng tadi, ada pula pohon bintaro (Cerbera manghas), gandaria (Buoea macrophila), kawista batu (Feronia lucida), buni (Antidesma reticulata), srikaya (Annona squamosa), hingga malaka (Phylantus emblica).

Falsafah Lamtorogung
Taman Buah Mekarsari disajikan dalam Pola Daun Lamtorogung yang merupakan simbol tanaman serbaguna, sebagai penyubur dan pelestari lingkungan dan pemenuh kebutuhan jasmaniah maupun rohaniah.

Tujuan
Taman Buah Mekarsari sebagai pusat pelestarian plasma nutfah hortikultura / buah-buahan Indonesia (tropis) dimanfaatkan untuk kegiatan penelitian, pendidikan, budidaya, dan wisata.

Secara terinci tujuan pokok Taman Buah Mekarsari adalah untuk:
• Menciptakan kebun hortikultura yang terdiri atas kebun buah, kebun sayur, dan tanaman hias.
• Memberikan alternatif obyek wisata baru bagi wisatawan asing maupun domestik.
• Taman rekreasi hortikultura yang kelak dapat dikembangkan menjadi pusat studi hortikultura terutama bagi buah-buahan dan sayur-sayuran dataran rendah.
• Memanfaatkan potensi yang ada untuk pengembangan, penelitian, dan produksi, baik melalui pembinaan maupun pemberdayaan para petani.
• Menciptakan lapangan kerja baru di lingkungan kecamatan Cileungsi.
• Memanfaatkan secara maksimum segenap potensi yang ada dengan azas pertimbangan keselarasan lingkungan tetap terjaga.

Areal Taman
Taman Buah Mekarsari dibangun di atas areal bekas perkebunan karet di wilayah Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat. Luas areal seluruhnya 264 Ha, menghampar di desa Mekarsari, Dayeuh, Mampir, dan Cileungsi Kidul, berada pada ketinggian 70-80 meter di atas permukaan laut.

• Areal Kebun Buah 88 Ha, terdiri dari 5 blok (A-E)
• Areal Lansekap 20 Ha
• Rumah Plastik 12 unit seluas 3000 m2 berdiri di atas lahan seluas 2 Ha, menampung tanaman hidroponik, tabulampot, dan Melati Susunwangi.
• Kebun Sayur dan Sawah seluas 10 Ha terdiri dari aneka sayur-sayuran, palawija, padi darat (gogo) dan padi sawah.
• Kebun Bibit seluas 5 Ha sebagai pusat pembibitan tanaman buah dan tanaman hias.
• Danau Cipicung 20 Ha.
• Bangunan dan Sarana Jalan 20 Ha.
• Areal Pengembangan (yang digarap) 99 Ha.

Bidang Kegiatan
• Koleksi Tanaman Buah
• Produksi Buah
• Produksi Bibit Buah Bermutu
• Pengembangan Tanaman Buah dalam Pot
• Wisata Kebun Buah
• Jasa Informasi Hortikultura
• Studi Kelayakan Usaha
• Konsultasi
• Pendidikan dan Penyuluhan Hortikultura (Buah-buahan)
• Penelitian Terapan
• Koleksi dan Pengembangan Tanaman Hias Komersial.
Tempat ini merupakan taman buah terbesar di Indonesia yang mengoleksi berbagai koleksi dari tumbuh-tumbuhan buah yang terdapat di seluruh dunia dan merupakan salah satu pusat pelestarian keaneka ragaman hayati (plasma nutfah). Selain kegiatan pelestarian, dilakukan juga penelitian budidaya (agronomi), pemuliaan (breeding), dan perbanyakan bibit unggul untuk kemudian disebarluaskan kepada petani dan masyarakat umum. Tempat ini mulai dibangun sejak 1991 dengan nama awal Taman Buah Mekarsari, tetapi baru dibuka tahun 1995. Pada tahun 2004 konsepnya diubah dan namanya menjadi Taman Wisata Mekarsari. Penggagas ide taman buah ini adalah alm. Ibu Tien Soeharto.
Selain konsep memetik buah langsung dari pohon yang masih dipertahankan hingga sekarang, Yang menarik, taman seluas 264 hektar ini juga dilengkapi dengan sarana wisata yang didukung oleh berbagai wahana yang mendekatkan pengunjung kepada alam, seperti : Wisata Kanal, Kids Fun Valley, Country Side, Wahana Melon, Wahana Salak, Konservasi Rusa Tutul, Wahana Air, dan Outbound. Dan yang tak kalah menarik lainya adalah aneka kegiatan lain yang ditawarkan,diantaranya : Company Gathering, Piknik Keluarga, Wisata Kebun Buah atau Sayur, Barbeque, dan Fruitwalk. Di sini anda tidak hanya akan menambah pengetahuan agro, tapi juga  acara rekreasi yang di kelilingi dengan kebun buah tropis yang menakjubkan yang dapat anda nikmati bersama keluarga tercinta.
Menikmati petualangan di Taman Wisata Mekarsari, anda tinggal menggunakan kereta keliling yang akan membawa anda berkeliling menikmati koleksi dan keunikan tumbuhan dan buah, plus anda akan di dampingi pemandu wisata yang akan memberikan keterangan lengkap seperti nama, manfaat dan khasiat sehingga anda tak perlu lagi bertanya-tanya tentang kenggulan dari ragam tumbuhan yang anda lihat. Tersedia juga Tower setinggi 30 meter, melalui Tower ini anda bisa melihat keseluruhan dari Taman Wisata Mekarsari. Tower ini menyediakan lift, jadi tak perlu risau jika Anda enggan naik melalui tangga. Salah satu yang unik dari Taman Wisata Mekarsari adalah Bangunan Air Terjun (Waterfall Building). Gedung 7 lantai ini merupakan Gedung Air Terjun tertinggi di Indonesia, dimana Bangunan Air Terjun ini merupakan simbol Taman Wisata Mekarsari.
Selesai berkeliling, turun dari kereta, Anda bisa melihat kawasan outbound. Lokasi ini sangat cocok bagi  Anda yang suka memacu adrenalin. Ada juga danau, dimana Anda dan keluarga bisa menikmati berlayar dengan perahu dayung ataupun perahu boat. Bahkan untuk Anda yang ingin menikmati suasana romantis dengan pasangan, anda bisa menyewa perahu bebek mengelilingi danau. Diatas danau ada sebuah jembatan gantung, di sini anda bisa berfoto-foto dengan latar belakang pemandangan yang tentunya Anda jarang temui di Jakarta. Jika lapar menyerang tak perlu khawatir, ada terdapat kedai makanan yang bisa Anda pesan, tinggal anda memilih ingin menikmatinya di kedai tersebut atau menikmati suasana lain dengan duduk dibawah pohon dengan beralas tikar dan duduk berlesehan.
Puas menikmati semuanya, sebelum pulang akan menjadi pilihan yang semakin menarik jika anda membeli aneka souvenir yang banyak tersedia sebagai oleh-oleh. Jangan lupa sempatkan juga untuk mampir ke kawasan “Garden Paradiso”. di tempat ini anda bisa menjumpai berbagai koleksi bonsai dengan harga yang cukup terjangkau. Bila Anda penyuka tumbuhan dan buah, sambil menambah pengetahuan dengan wisata edukasi, jadi silahkan mencoba untuk menikmati liburan keluarga dengan mengunjungi Taman Buah Mekarsari, pasti akan menjadi sebuah petualangan yang mengasikkan

Alamat:
Taman Buah Mekarsari
Jl. Raya Cileungsi-Jonggol Km.3 Cileungsi
Bogor 16820
Telp. (021) 8231811-13 Fax. (021) 8231475
E-mail.tbm@mekarsari.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar