photo IKLAN_zps0bd7cdbd.png

Rabu, 15 Mei 2013

PENGERTIAN PARAGRAF



Paragraf adalah suatu bagian dari bab pada sebuah karangan atau karya ilmiah yang mana cara penulisannya harus dimulai dengan baris baru. Paragraf dikenal juga dengan nama lain alinea. Paragraf dibuat dengan membuat kata pertama pada baris pertama masuk ke dalam (geser ke sebelah kanan) beberapa ketukan atau spasi. Demikian pula dengan paragraf berikutnya mengikuti penyajian seperti paragraf pertama.

Contoh paragraf Defenisi
Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya. Kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang termasuk dalam pertanian biasa difahami orang sebagai budidaya tanaman atau bercocok tanam (bahasa Inggris: crop cultivation) serta pembesaran hewan ternak (raising), meskipun cakupannya dapat pula berupa pemanfaatan mikroorganisme dan bioenzim dalam pengolahan produk lanjutan, seperti pembuatan keju dan tempe, atau sekedar ekstraksi semata, seperti penangkapan ikan atau eksploitasi hutan.
Contoh paragraf Tanya jawab
Mengapa kebudayaan bisa memiskinkan? Hal ini tidak terlepas dari kedudukan kebudayaan sebagai way of life manusia yang selalu diwariskan turun temurun. Sehingga kebudayaan yang tidak memiliki semangat mencapai kemakmuran akan terus mengekang manusia ke dalam ketidakmakmuran. Contoh riil bisa dilihat pada kondisi masyarakat suku Anak Dalam di Taman Nasional Bukit Dua Belas dan Taman Nasional Bukit Tiga Belas, Jambi, yang terasing dan mengasingkan (baca: menutup diri) dari pergaulan dengan dunia luar.
Contoh paragraf Contoh atau ilustrasi
Contoh kemiskinan struktural ialah kondisi petani yang selalu tidak bisa menjual gabah dan berasnya dengan harga mahal. Karena pasar (dengan intervensi pemerintah) mengkondisikan harga jual gabah dan beras selalu dalam tataran relatif murah. Disini petani memang dikondisikan untuk menjadi warga negara pelengkap, yang semata-meta bertugas menyediakan pangan sebagai sarana kemakmuran anggota masyarakat lain, sementara dirinya sendiri harus puas dengan kondisi yang serba kekurangan.
Contoh paragraf pengurain
Indonesia terus bersaing dan bahkan bekerja sama dengan luar negri dalam mengatasi krisis pangan global.Keberhasilan pembangunan di sektor pertanian di suatu negara harus tercerminkan oleh kemampuan negara tersebut dalam swasembada pangan, atau paling tidak ketahanan pangan. Di Indonesia sendiri, ketahanan pangan merupakan salah satu topik yang sangat penting, bukan saja dilihat dari nilai-nilai ekonomi dan sosial, tetapi masalah ini mengandung konsukwensi politik yang sangat besar. Dapat dibayangkan apa yang akan terjadi terhadap kelangsungan suatu kabinet pemerintah atau stabilitas politik di dalam negeri apabila Indonesia terancam kekurangan pangan atau kelaparan. Bahkan di banyak negara, ketahanan pangan sering digunakan sebagai alat politik bagi seorang (calon) presiden untuk mendapatkan dukungan dari rakyatnya. Ketahanan pangan bertambah penting terutama karena saat ini Indonesia merupakan salah satu anggota dari Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Artinya, di satu pihak, pemerintah harus memperhatikan kelangsungan produksi pangan di dalam negeri demi menjamin ketahanan pangan, namun, di pihak lain, Indonesia tidak bisa menghambat impor pangan dari luar. Dalam kata lain, apabila Indonesia tidak siap, keanggotaan Indonesia di dalam WTO bisa membuat Indonesia menjadi sangat tergantung pada impor pangan, dan kondisi ini sangat mengancam ketahanan pangan di dalam negeri.
Contoh paragraf deskripsi   
            Program Studi Teknologi Pangan di bawah naungan Fakultas Teknologi Pertanian didirikan tahun 1995 dan telah mendapatkan status terakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional (BAN). Program studi Teknologi Pangan bertujuan mendukung program pengembangan sektor agroindustri dalam mencukupi kebutuhan pangan, tanpa mengabaikan kelestarian sumber pangan. Industri pangan termasuk sektor yang berkembang pesat dan memiliki kontribusi penting dalam perekonomian Indonesia. Terbukti semasa krisis ekonomi, sektor agroindustri di Indonesia tetap mampu bertahan bahkan bisa berkembang. Program studi Teknologi Pangan bertujuan mendidik dan membekali calon sarjana dengan ilmu pengetahuan dan teknologi pemanfaatan maupun pengolahan sumber pangan, termasuk bagaimana menjamin keamanannya. Lulusan program ini diharapkan dapat berperan sebagai tenaga profesional di bidang pengolahan pangan dan berkontribusi positif dalam pertumbuhan pangan.
Contoh paragraf contoh atau ilustrasi
Dengan demikian situasi ekonomi semakin memburuk dan ada yang bertindak melakukan hal-hal yang bertentangan untuk pertanian berkelanjutan. Salah satu contohnya adalah dengan memaksa produktivitas tinggi dengan pupuk kimia dan pestisida yang kemudian menyebabkan degradasi kualitas lahan dan kemudian pun bisa mendorong menjual lahan-lahannya. Karena kurangnya pengetahuan atas informasi-informasi. Perbandingan nilai tukar lahan antara sebagai pertanian dan sektor lain sungguh tidak seimbang, sehingga tidak ada penahanan untuk setia terhadap pertanian. Situasi semacam ini secara akumulatif akan mengkronis mempercepat pelebaran selisih kebutuhan dan ketersediaan pangan dan impor sebagai bentuk penanganannya menjadi pengunci struktur kemiskinan petani dan penghilangan kemampuan berdaulat.
Contoh paragraf proses
Konsep pertanian yang berkelanjutan dapat diwujudkan dengan perencanaan wilayah yang berbasiskan sumberdaya alam yang ada di suatu wilayah tertentu. Konsep perencanaan mempunyai arti penting dalam pembangunan nasional karena perencanaan merupakan suatu proses persiapan secara sistematis dari rangkaian kegiatan yang akan dilakukan dalam usaha pencapaian suatu tujuan tertentu. Perencanaan pembangunan yang mencakup siapa dan bagaimana cara untuk mencapai tujuan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kondisi dan potensi sumberdaya yang dimiliki agar pelaksanaan pembangunan tersebut dapat berjalan lebih efektif dan efesien.
Contoh paragraf Alasan
Dalam kasus pertanian umumnya beras, lembaga-lembaga internasional selalu menyalahkan pemerintah Indonesia atas harga-harga bahan pokok yang naik. Dengan demikian sesuai dengan pembukaan pasar domestik, maka kasus impor beras Indonesia adalah dengan alasan untuk mengurangi harga bahan pangan, yang akan diikuti oleh harga komoditi lain. Peran perlindungan negara juga ditiadakan dengan mengubah BULOG menjadi perusahaan, sehingga peran organisasi ini dalam melindungi pasar domestik dikebiri.
Contoh paragraf  sebab akibat
Penurunan harga gabah dan beras membawa akibat penurunan penghasilan dan daya beli petani bersangkutan. Lebih jauh, petani mengalami penurunan standar kehidupan. Beberapa diantaranya, yang sebelumnya telah berada sedikit di atas ambang garis kemiskinan, dengan sedikit penurunan penghasilan akan terjerembab dalam kubangan kemisk
Contoh paragraf  Perbandingan atau analogi
Meskipun pertanian organik ini masih sedikit diusahakan, akan tetapi pertumbuhannya sangat penting di dalam sektor pertanian. Sebagai gambaran, di Austria dan Switzerland menunjukkan bahwa kebutuhan pertanian organik diperkirakan mencapai lebih dari 10 persen, sedangkan Amerika, Perancis, Jepang dan Singapura meningkat rata-rata 20 persen setiap tahun.
Contoh paragraf  Proses                    
Di Indonesia sendiri, gaung pertanian organik sudah berkembang sekitar 10 tahun yang lalu, akan tetapi pemainnya dapat dihitung dengan jari (Trubus No. 363, 2000). Kemudian meningkat pesat sejak terjadi krisis moneter, dimana sebagian besar saprodi yang digunakan petani melonjak harganya berkali-kali lipat. Petani mulai melirik alternatif lain dengan model pertanian organik. Melalui proses adaptasi, pertanian organik mulai digeluti dan mendapat respon yang cukup baik, dengan ditandai oleh bermunculnya kelompok petani organik di berbagai daerah. Di Jawa Tengah, sentra pertanian organik terletak di Klaten, Yogyakarta, Karanganyar, Magelang, dan Kulonprogo. Di Jawa Barat; Bogor, Bandung dan Kuningan. Di Jawa Timur; Malang, serta beberapa daerah di Bali


Tidak ada komentar:

Posting Komentar