photo IKLAN_zps0bd7cdbd.png

Rabu, 15 Mei 2013

PENGERTIAN dan CONTOH KUESIONER


Kuesioner adalah suatu teknik pengumpulan informasi yang memungkinkan analis mempelajari sikap-sikap, keyakinan, perilaku, dan karakteristik beberapa orang utama di dalam organisasi yang bisa terpengaruh oleh sistem yang diajukan atau oleh sistem yang sudah ada.

Dengan menggunakan kuesioner, analis berupaya mengukur apa yang ditemukan dalam wawancara, selain itu juga untuk menentukan seberapa luas atau terbatasnya sentimen yang diekspresikan dalam suatu wawancara.

Penggunaan kuesioner tepat bila :

1. Responden (orang yang merenpons atau menjawab pertanyaan) saling berjauhan.

2. Melibatkan sejumlah orang di dalam proyek sistem, dan berguna bila mengetahui berapa proporsi suatu kelompok tertentu yang menyetujui atau tidak menyetujui suatu fitur khusu dari sistem yang diajukan.

3. Melakukan studi untuk mengetahui sesuatu dan ingin mencari seluruh pendapat sebelum proyek sistem diberi petunjuk-petunjuk tertentu.

4. Ingin yakin bahwa masalah-masalah dalam sistem yang ada bisa diidentifikasi dan dibicarakan dalam wawancara tindak lanjut.

JENIS PERTANYAAN DALAM KUISONER

Perbedaaan pertanyaan dalam wawancara dengan pertanyaan dalam kuesioner adalah dalam wawancara memungkinkan adanya interaksi antara pertanyaan dan artinya. Dalam wawancara analis memiliki peluang untuk menyaring suatu pertanyaan, menetapkan istilah-istilah yang belum jelas, mengubah arus pertanyaan, memberi respons terhadap pandanmgan yang rumit dan umumnya bisa mengontrol agar sesuai dengan konteksnya. Beberapa diantara peluang-peluang diatas juga dimungkinkan dalam kuesioner. Jadi bagi penganalisis pertanyaan-pertanyaan harus benar-benar jelas, arus pertanyaan masuk akal, pertanyaan-pertanyaan dari responden diantisipasi dan susunan pertanyaan direncanakan secara mendetail.

Jenis-jenis pertanyaan dalam kuesioner adalah :

Pertanyaan Terbuka : pertanyaan-pertanyaan yang memberi pilihan-pilihan respons terbuka kepada responden. Pada pertanyaan terbuka antisipasilah jenis respons yang muncul. Respons yang diterima harus tetap bisa diterjemahkan dengan benar.
Pertanyaan Tertutup : pertanyaan-pertanyaan yang membatasi atau menutup pilihan-pilihan respons yang tersedia bagi responden.
Petunjuk-petunjuk yang harus diikuti saat memilih bahasa untuk kuesioner adalah sebagai berikut :

Gunakan bahasa responden kapanpun bila mungkin. Usahakan agar kata-katanya tetap sederhana.
Bekerja dengan lebih spesifik lebih baik daripada ketidak-jelasan dalam pilihan kata-kata. Hindari menggunakan pertanyaan-pertanyaan spesifik.
Pertanyaan harus singkat.
Jangan memihak responden dengan berbicara kapada mereka dengan pilihan bahasa tingkat bawah.
Hindari bias dalam pilihan kata-katanya. Hindari juga bias dalam pertanyaan –pertanyaan yang menyulitkan.
Berikan pertanyaan kepada responden yang tepat (maksudnya orang-orang yang mampu merespons). Jangan berasumsi mereka tahu banyak.
Pastikan bahwa pertanyaan-pertanyaan tersebut secara teknis cukup akurat sebelum menggunakannya.
Gunakan perangkat lunak untuk memeriksa apakah level bacaannya sudah tepat bagi responden.
SKALA DALAM KUISONER

Penskalaan adalah proses menetapkan nomor-nomor atau simbol-simbol terhadap suatu atribut atau karakteristik yang bertujuan untuk mengukur atribut atau karakteristik tersebut. Alasan penganalisis sistem mendesain skala adalah sebagai berikut :

Untuk mengukur sikap atau karakteristik orang-orang yang menjawab kuesioner.
Agar respoden memilih subjek kuesioner.
*Ada empat bentuk skala pengukuran , yaitu :

Nominal : Skala nominal digunakan untuk mengklasifikasikan sesuatu. Skala nominal merupakan bentuk pengukuran yang paling lemah, umumnya semua analis bisa menggunakannya untuk memperoleh jumlah total untuk setiap klasifikasi. Contoh : Apa jenis perangkat lunak yang paling sering anda gunakan ? 1 = Pengolah kata, 2 = Spreadsheet, 3 = Basis Data, 4 = Program e-mail
Ordinal
Skala ordinal sama dengan skala nominal, juga memungkinkan dilakukannya kalsifikasi. Perbedaannya adalah dalam ordinal juga menggunakan susunan posisi. Skala ordinal sangat berguna karena satu kelas lebih besar atau kurang dari kelas lainnya.
Interval
Skala interval memiliki karakteristik dimana interval di antara masing-masing nomor adalah sama. Berkaitan dengan karakteristik ini, operasi matematisnya bisa ditampilkan dalam data-data kuesioner, sehingga bisa dilakukan analisis yang lebih lengkap.
Rasio
Skala rasio hampis sama dengan skala interval dalam arti interval-interval di antara nomor diasumsikan sama. Skala rasio memiliki nilai absolut nol. Skala rasio paling jarang digunakan.
MERANCANG KUISONER

Merancang formulir-formulir untuk input data sangat penting, demikian juga merancang format kuesioner juga sangat penting dalam rangka mengumpulkan informasi mengenai sikap, keyakinan, perilaku dan karakteristik.
1. Format kuesioner sebaiknya adalah :

Memberi ruang kosong secukupnya,
Menunjuk pada jarak kosong disekeliling teks halaman atau layar. Untuk meningkatkan tingkat respons gunakan kertas berwarna putih atau sedikit lebih gelap, untuk rancangan survey web gunakan tampilan yang mudah diikuti, dan bila formulirnya berlanjut ke beberapa layar lainya agar mudah menggulung kebagian lainnya.
Memberi ruang yang cukup untuk respons,
Meminta responden menandai jawaban dengan lebih jelas.
Menggunakan tujuan-tujuan untuk membantu menentukan format.
Konsisten dengan gaya.
2. Urutan Pertanyaan
Dalam menurutkan pertanyaan perlu dipikirkan tujuan digunakannya kuesioner dan menentukan fungsi masing-masing pertanyaan dalam membantu mencapai tujuan.

Pertanyaan-pertanyaan mengenai pentingnya bagi responden untuk terus, pertanyaan harus berkaitan dengan subjek yang dianggap responden penting.
Item-item cluster dari isi yang sama.
Menggunakan tendensi asosiasi responden.
Kemukakan item yang tidak terlalu kontroversial terlebih dulu.


Nama :                                                                       


1.      Jumlah pendapatan orang tua/ bulan ?
a)      <  Rp. 3.000.000
b)      Rp. 3.000.001 – Rp.6.000.000
c)      Rp. 6.000.001 – Rp. 10.000.000
d)     > Rp. 10.000.001
2.      Jumlah uang saku/ bulan ?
a)      < Rp. 500.000
b)      Rp. 500.000 – Rp. 700.000
c)      Rp. 700.000 – Rp. 1.000.000
d)     > Rp. 1.000.000
3.      Jumlah pendapatan dari beasiswa atau pekerjaaan sampingan/ bulan?
a)      <  Rp. 100.000
b)      Rp. 100.001 –  Rp.300.000
c)       Rp. 300.001 – Rp. 600.000
d)     > Rp. 600.000
4.      Sudah berapa lama anda mengenal dan menggunakan internet?
a)      < 3 tahun
b)      3 – 6 tahun
c)      > 6 tahun
5.      Berapa lama intensitas anda dalam mengakses internet?
a)      Setiap hari
b)      Hampir setiap hari
c)      Setiap minggu
d)     Hampir setiap minggu tapi tidak setiap minggu
6.      Berapa lama anda dalam mengakses internet (setiap kali mengakses internet)
a)      1-3 jam
b)      3-5 jam
c)      >  6 jam
7.      Jumlah Pengeluaran untuk akses internet selama sebulan?
a)      < Rp 100.000
b)      Rp 100.000 – Rp 200.000
c)      > Rp 200.000
8.      Pilih salah satu
a)      Memilih internet daripada buku, majalah, surat kabar, kaset, CD, DVD
b)      Memilih buku, majalah, surat kabar,kaset,CD, DVD, daripada internet
9.      Perangkat yang digunakan dalam mengakses internet
a)      Telepon seluler
b)      Modem + Laptop / Komputer
c)      Smartphone (Blackberry/iphone/Android)
d)     Jaringan Wifi / Hotspot
e)      Warnet
f)       Speedy
 (jawaban boleh lebih dari satu )
10.  Apa tujuan anda mengakses internet?
a)      Jejaring sosial , (facebook,twitter,email,dll)
b)      Mencari referensi dalam menyelesaikan tugas kuliah
c)      Menghasilkan uang (bermain poker, toko onlne, blog komersil)
d)     Hiburan (menonton / mendownload mp3, video, film, aplikasi)
e)      Komunikasi (menggunakan Yahoo mesenger, G talk, skype, MIRc, dll)
f)       Bermain game online
g)      Lain-lain ………………………
(jika jawaban 2 atau lebih buat keterangan jumlah jam )
11.  Tujuan utama mengakses internet ?
a)      Jejaring sosial , (facebook,twitter,email,dll)
b)      Mencari referensi dalam menyelesaikan tugas kuliah
c)      Menghasilkan uang (bermain poker, toko onlne, blog komersil)
d)     Hiburan (menonton / mendownload mp3, video, film, aplikasi)
e)      Komunikasi (menggunakan Yahoo mesenger, G talk, skype, MIRc, dll)
f)       Bermain game online
g)      Lain-lain ………………………



Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar