photo IKLAN_zps0bd7cdbd.png

Jumat, 17 Mei 2013


fungsi karbohidrat bagi tumbuhan
1.               Sumber Energi
Fungsi utama karbohidrat adalah menyediakan energi bagi tubuh. Karbohidrat merupakan sumber utama energi bagi penduduk di seluruh dunia, karena banyakdi dapat di alam dan harganya relatif murah. Satu gram karbohidrat menghasilkan 4 kkalori. Sebagian karbohidrat di dalam tubuh berada dalam sirkulasi darah sebagai glukosa untuk keperluan energi segera; sebagian disimpan sebagai glikogen dalam hati dan jaringan otot, dan sebagian diubah menjadi lemak untuk kemudian disimpan sebagai cadangan energi di dalam jaringan lemak. Seseorang yang memakan karbohidrat dalam jumlah berlebihan akan menjadi gemuk.
2.                        Pemberi Rasa Manis pada Makanan
Karbohidrat memberi rasa manis pada makanan, khususnya mono dan disakarida. Gula tidak mempunyai rasa manis yang sama. Fruktosa adalag gula yang paling manis. Bila tingkat kemanisan sakarosa diberi nilai 1, maka tingkat kemanisan fruktosa adalah 1,7; glukosa 0,7; maltosa 0,4; laktosa 0,2.
3.                        Penghemat Protein
Bila karbohidrat makanan tidak mencukupi, maka protein akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi, dengan mengalahkan fungsi utamanya sebagai zat pembangun. Sebaliknya, bila karbohidrat makanan mencukupi, protein terutama akan digunakan sebagai zat pembangun.
4.                        Pengatur Metabolisme Lemak
Karbohidrat mencegah terjadinya oksidasi lemak yang tidak sempurna, sehingga menghasilkan bahan-bahan keton berupa asam asetoasetat, aseton, dan asam beta-hidroksi-butirat. Bahan-bahan ini dibentuk menyebabkan ketidakseimbangan natrium dan dehidrasi. pH cairan menurun. Keadaan ini menimbulkan ketosis atau asidosis yang dapat merugikan tubuh.
2.                        Membantu Pengeluaran Feses
Karbohidrat membantu pengeluaran feses dengan cara emngatur peristaltik usus dan memberi bentuk pada feses. Selulosa dalam serat makanan mengatur peristaltik usus.
Serat makanan mencegah kegemukan, konstipasi, hemoroid, penyakit-penyakit divertikulosis, kanker usus besar, penyakiut diabetes mellitus, dan jantung koroner yang berkaitan dengan kadar kolesterol darah tinggi.
Laktosa dalam susu membantu absorpsi kalsium. Laktosa lebih lama tinggal dalam saluran cerna, sehingga menyebabkan pertumbuhan bakteri yang menguntungkan.

iklan minyak goreng yang menyatakan mengandung omega 9. Jelaskan !
Jawab :
asam lemak tak jenuh Omega-9 sangat esensial bagi kehidupan.
Omega-9, banyak ditemukan dalam minyak zaitun (olive oil). Dari hasil penelitian yang dilaporkan akhr-akhir ini, khususnya hasil penelitian sejak tahun 1992, dan lebih-lebih di tahun 1988, 1999 dan tahun 2000, menyimpulkan bahwa Omega-9 memiliki daya perlindungan tubuh yang mampu menurunkan LDL, meningkatkan HDL yang lebih besar dibandingkan Omega-3 dan Omega-6.
Indahnya adalah bahwa Omega-9 justru memiliki potensi untuk memblokir produk senyawa eicosanoids yang berbahaya tersebut. Masyarakat yang hidup di kawasan Mediteranian, jarang ditemukan kasus CVD. Hal ini mungkin karena tingginya konsumsi Omega-9
Komposisi asam lemak Omega-9 di beberapa produk minyak adalah sebagai berikut:
                          minyak advocado                        50%
                             minyak makademia            45%
                             minyak zaitun                     28%
                             biji aprocot                         35%
                             biji almon                           33%
                             bimoli                                 41,6%
asam lemak Omega 9 dapat mencegah PJK (teruji secara laboratoris dan epidemilogis), di mana penelitian yang dilakukan selalu menggunakan minyak dengan kadar asam lemak jenuh yang rendah (sekitar 5%). Ada hasil riset yang menyatakan bahwa Omega 6 dalam bentuk tunggal memiliki sifat negatif karena berkaitan dengan peningkatan produksi eicosanoids (stimulan pertumbuhan tumor pada binatang percobaan). Namun dengan adanya  Omega 9 dan Omega 3, dalam proporsi yang sesuai akan memiliki potensi memblokir produk senyawa eicosanoids, sehingga lagi-lagi peran Omega 9 dapat mencegah stimulasi negatif Omega 6.
Omega 9 juga memiliki kualitas pencegahan banyak sebagai komponen utama, asam oleat, membantu mengurangi resiko arteriosklerosis, penyakit jantung dan stroke. borage berisi minyak Omega 6 dan Omega 9 dalam bentuk asam Gamma-linolenic dan asam oleat dan pada kenyataannya, salah satu sumber terbaik GLA. Murni EPA itu berisi campuran dari semua 3 dari asam lemak penting EPA, GLA dan OA menjadikannya pilihan yang sangat baik dari omega 3 6 9 suplemen. Perbedaan antara between omega 3, omega 6, dan omega 9  terletak pada posisi ikatan rangkap pertama dari ujung metil Omega atau akhir dari rantai karbon,. Yang Seperti namanya menyiratkan Omega 3 asam lemak memiliki ikatan ganda pertama mereka di posisi 3 dari akhir rantai, dan juga dengan dua lainnya. Omega 6 memiliki ikatan ganda yang pertama di posisi 6 dari akhir dan Omega 9 memiliki itu pada posisi 9 dari ujung rantai.

Peran protein dalam tumbuhan !
Protein beperan sebagai pembangun struktur, biokatalis, hormon, sumber energi, penyangga racun, pengatur pH, transpot ion, dan pembawa sifat turunan dari generasi ke generasi. Protein pada membran disamping membantu proses transport ion dari luar sel atau sebaliknya juga berperan untuk menjaga integritas membran .

 Apakah semua asam amino berperan sebagai penyusun protein.
Ya, Fungsi pokok asam-asam amino dalam tubuh adalah sebagai unsur pembangun bagi protein-protein. Namun, asam-asam amino juga merupakan prekursor bagi banyak bahan fisiologis dan sumber energi.
Fungsi lain dari asam amino adalah :
1. Pembentukan hormon, enzim dan antibodi.
2. Pertumbuhan, perbaikan dan regenerasi sel.
3. Mempertahankan keseimbangan asam-basa tubuh
4. Sangat di perlukan untuk perkembangan anak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar