Jadi dalam kegiatan penyuluhan agar kegiatan itu
mencapai keberhasilan dalam proses adopsinya dengan lancar atau baik penyuluh
perlu memperdengarkan, memperlihatkan dan melakukan praktek terhadap materi
yang disuluhkan.
1.
Metode
penyuluhan dalam pendidikan luar sekolah
Dalam membedakan anatara pendidikan sekolah dan
pendidikan luar sekolah adalah bahwa penyelenggaraan pendidikan luar sekolah
dapat diselenggarakan dimana saja dan kapan saja.Dengan demikian metode yang
digunakan dalam pelaksanaan penyuluhan dapat menerapkan metode pendidikan
formal (ceramah, diskusi, belajar mandiri) atau metode yang tidak pernah
diterapkan dalam sistem pendidikan sekolah seperti pameran, kunjungan ke rumah.
Cara lain, kegiatan pendidikan luar sekolah selalu deprogram sesuai dengan
kebutuhan sasaran, setiap kegiatan pendidikan non formal harus selalu
menyesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan sasaran.
2.
Metode
penyuluhan dalam pendidikan orang dewasa
Freire (1973), menyatakan bahwa pendidikan adalah
merupakan proses penyadaran menuju kepada pembebasan. Oleh sebab itu, proses
pendidikan harus dibebaskan dari upaya-upaya menciptakan ketergantungan atau
bentuk-bentuk penindasan baru, artinya melalui pendidikan, sasaran didik harus
selalu diberi kesempatan seluas-luasnya untuk menyampaikan pengalaman dan
mengembangkan daya nalarnya.Selaras dengan hal itu, salah satu cirri utama
pendidikan orang dewasa adalah keberhasilan pendidikan tidak bergantung pada
seberapa banyak materi yang disampaikan, tetapi lebih pada seberapa jauh
program pebdidikan tersebut mempu mengembangkan dialog antara pendidik dan yang
dididik.
Selain itu juga bahwa sasaran pendidikan orang
dewasa adalah orang-orang dewasa yang disamping telah memiliki pengalaman,
perasaan dan harga diri (tidak ingin dan tidak mudah digurui), mereka umumnya
juga memiliki banyak kegiatan dan merupakan pribadi-pribadi yang pada umumnya
telah mengalami kemunduran. Oleh karena itu, pemilihan metode pendidikan orang
dewasa harus selalu dipertimbangkan:
- Waktu
penyelenggaraan yang tidak terlalu mengganggu kegiatan atau pekerjaan
pokok
- Waktu
penyelenggaraan sesingkat mungkin
- Lebih
banyak menggunakan alat peraga
Program pendidikan orang dewasa harus lebih banyak
mengacu pada pemecahan masalah yang sedang dan akan dihadapi dari pada dengan
upaya penambahan pengalaman belajar baik yang berupa pengetahuan, sikap dan
ketrampilan-ketrampilan baru. Scmidt (1974) menekankan agar pemilihan metode
pendidikan orang dewasa harus selalu mengacu pada tujuan yang ingin dicapai
oleh program pendidikan yang pada dasarnya terbagi menjadi dua ,yaitu menata
pengalaman masa lampau yang telah dimilikinya dengan cara baru, dan memberikan
pengalaman baru dalam hal pengetahuan, sikap dan ketrampilan.
Ragam Metode Penyuluhan dapat dibedakan menjadi 4
yaitu :
1.
Media Massa
Jika membicarakan penggunaan media massa dalam
penyuluhan, yang patut dipertimbangkan adalah peranan dalam program penyuluhan
dan penggunaannya secara efektif. Yang penting adalah efek yang diharapkan dan
cara menggunakannya untuk menjamin agar arti pesan menjadi jelas. Surat kabar,
majalah, radio dan televisi merupakan media yang paling murah untuk
menyampaikan pesan kepada masyarakat.Walaupun demikian, perlu diamati
pengaruhnya sebelum diputuskan penggunaanya dalam penyuluhan. Media penting
untuk menyadarkan akan adanya inovasi disamping untuk mendorong minat. Walaupun
demikian, media tampaknya hanya menunjukkan bahwa media massa dapat mempercepat
proses perubahan, tetapi jarang dapat mewujudkan perubahan dalam perilaku.
Media massa dapat memenuhi beberapa fungsi di dalam
masyarakat dan turut berperan mengubah masyarakat tersebut yang mencakup:
a)
Menentukan
Jadwal Diskusi Yang Penting
Sebagai contoh, media memberi perhatian terhadap
masalah yang dihadapi masyarakat saat terjadi kelaparan dan usaha-usaha yang
dilakukan pemerintah untuk mengatasinya.Majalah pertanian dan program siaran
radio pedesaan juga dapat memainkan peran penting dalam mendorong petani untuk
membicarakan masalah demikian dengan penyuluh / pemuka desa.
b)
Mengalihkan
Pengetahuan
Pengetahuan akan berhasil dialihkan bilamana sesuai
dengan kebutuhan. Gagasan baru yang disebar melalui media lebih cepat diterima
jika berkaitan dengan pengetahuan yang ada, daripada melakukan modifikasi
terhadap pengetahuan.beberapa macam pengetahuan dapat dialihkan melalui media,
sedangkan pengetahuan dan keterampilan yang lain tidaklah demikian.
c)
Membentuk dan
Mengubah Pendapat
Media massa dapat memainkan peran penting dalam
mengembangkan pendapat bila anggota masyarakat belum memiliki pandangan yang
kuat mengenai isu tertentu. Media juga akan memperoleh pengaruh penting dalam
perubahan pendapat bila posisi yang diajukan hanya berbeda sedikit dengan
pendapat baru.
d)
Mengubah
Perilaku
Media massa dapat digunakan untuk mengubah pola
perilaku, terutama yang kecil dan relatif kurang penting, atau perubahan untuk
memenuhi keinginan yang ada. Periklanan sangat berhasil dengan cara ini.
2.
Metode Kelompok
Metode penyuluhan kelompok lebih menguntungkan dari
media massa, karena umpan balik lebih baik yang memungkinkan pengurangan salah
pengertian yang bisa berkembang antara penyuluh dan petani. Interaksi ini
memberi kesempatan untuk bertukar pengalaman maupun pengaruh terhadap perilaku
dan norma para anggota kelompok. Metode kelompok satu sama lain berbeda didalam
kesempatan memperoleh umban balik dan interaksi. Biaya perkapita penggunaan metode
kelompok cenderung lebih tinggi daripada media massa terutama jika bekerja
dengan kelompok kecil. Oleh sebab itu metode ini digunakan hanya bila
diperlukan umpan balik / interaksi antar petani untuk mencapai sasaran.
Ceramah, demontrasi, widyakarya dan diskusi kelompok
merupakan metode kelompok yang dipertimbangkan dalam bagian ini.
a)
Ceramah / Pidato
Merupakan sarana penting untuk mengalihkan informasi
di dalam penyuluhan. Ceramah / pidato mempunyai beberapa keuntungan khas
sebagai berikut:
1) Penceramah dapat
mengubah isi pidatonya disesuaikan dengan keperluan dan minat hadirin maupun
tingakat pendidikan mereka.
2) Penceramah dapat
memperhatikan tanggapan hadirin ketika berbicara dan dapat segera mengubah
pendekatannya.
3) Hadirin dapat
mengetahui penceramah dengan baik dan memperoleh kesan yang jelas mengenai
topik pembicaraan.
4) Ceramah memberi
kesempatan kepada hadirin untuk memajukan pertanyaan dan mendiskusikan isu-isu
lebih mendalam.
Kekurangan ceramah adalah bahwa yang diungkapkan
biasanya mudah dilupakan dibandingkan dengan yang tertulis.
b)
Demontrasi
Demontrasi dapat mendorong petani mencoba sendiri
inovasi baru.Penyebab masalah dapat ditunjukkan disertai kemungkinan
pemecahannya tanpa rincian teknis yang rumit.keuntungan demontrasi adalah
kesanggupan melihat suatu metode baru untuk dituangkan dalam praktek. Tidak
diperlukan adanya saling mempercayai yang tinggi antara petani dan penyuluh,
karena petani dapat melihat sendiri segala sesuatunya dengan jelas.Agen
penyuluhan pun tak perlu terlalu melibatkan diri pada penguraian pesan yang
kemungkinan bisa keliru diartikan.Demontrasi sangat berguna bagi orang yang tak
bisa berpikir secara abstrak.Agart efektif, demontrasi harus diintegrasikan ke
dalam program penyuluhan. Cara lain juga dapat digunakan untuk mendorong petani
menyaksikan demontrasi dan memutuskan penggunaan informasi baru tersebut di
lahan mereka.
c)
Diskusi Kelompok
Diskusi kelompok merupakan metode penyuluhan yang
sangat penting, karena memberi kesempatan untuk mempengaruhi perilaku
pesertanya.Peranan agen penyuluhan berbeda, tidak seperti pada pidato / ceramah
yang menempatkan agen penyuluhan sebagai sumber informasi sehingga statusnya
lebih tinggi daripada hadirin.Pada kelompok diskusi, agen penyuluhan merupakan
bagian dari anggota kelompok yang turut memecahkan masalah.
Diskusi kelompok membantu proses alih teknologi dari
ahlinya kepada kelompok walaupun media cetak dan bahan audio visual serta
pidato lebih murah dan tertata rapi serta umumnya lebih efektif. Walaupun demikian,
diskusi kelompok membantu anggotanya memadukan pengetahuan dengan memberikan
kesempatan mengajukan pertanyaan, menghubungkan informasi baru dengan yang
telah mereka ketahui, dan jika perlu, memperbarui pandangan mereka dapat
mendiskusikannya dengan penyuluh.
3.
Penyuluhan
Individu
Keuntungan metode penyuluhan indivudu adalah
a)
Memberikan
informasi yang diperlukan merupakan cara yang sangat baik untuk memecahkan
suatu masalah yang khusus, seperti pengambilan keputusan dalam penanaman modal
yang besar.
b)
Ada keinginan
untuk mengintegrasikan informasi dari petani dengan informasi dari agen
penyuluhan.
c)
Agen penyuluhan
dapat membantu petani untuk menjernihkan pikirannya dan memilih antara beberapa
tujuan yang masih simpang siur.
d)
Agen penyuluhan
dapat meningkatkan kepercayaan petani pada dirinya dengan menunjukkan
perhatiannya secara pribadi, situasinya, serta gagasan-gagasanya.
4.
Gabungan dari
Berbagai Media dan Penggunaan alat Bantu Audio Visual
Keuntungan menggunakan alat bantu audio visual
adalah
a)
Alat bantu dapat
menangkap perhatian dari hadirin.
b)
Melalui alat
bantu, bisa disarikan butir penting dari pembicaraan dengan jelas.
c)
Pesan lebih
mudah ditangkap melalui beberapa panca indra dibanding yang hanya melalui salah
satu panca indera saja.
d)
Kemungkinan
untuk mengurangi terjadinya penafsiran yang keliru.
e)
Beberapa alat
bantu dapat membantu menyusun pesan secara sistematis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar